Search

Penyebab Sakit Pinggang Setelah Melakukan Olahraga

Shirudolab.com - Melakukan olahraga secara rutin membuat tubuh menjadi lebih sehat. Namun sebagian orang mengeluh ketika selesai melakukan olahraga, pinggang terasa sakit. Hal ini disebabkan oleh teknik olahraga yang dilakukan. Bila cara olahraga salah maka akan berdampak pada kondisi tubuh.


Apa Saja Penyebab Sakit Pinggang Setelah Melakukan Olahraga



Sakit pinggang bisa saja terjadi setelah melakukan olahraga, hal ini dipicu oleh bebrapa faktor mulai dari kesalahan otot hingga cedera, Berikut ini adalah bebera faktor yang menyebabkan punggung terasa sakit.


Otot Tubuh Tegang


Otot terasa tegang jika Kamu mengangkat beban yang terlalu berat atau melakukan olahraga dengan cara yang salah, terlebih pada jenis olahraga yang membebani otot punggung. Jenis olahraga seperti pull down, angkat beban, serta jenis olahraga dengan gerakan melengkung, meliuk, maupun menggapai.


Otot tegang bisa dikategorikan dalam cedera ringan, namun bila dibiarkan akan menyebabkan peradangan pada otot yang menyebabkan kejang.


Cedera Lempeng antar Tulang Belakang


Diantara tulang belakang, terdapat lempengan yang berfungsi untuk melindungi benturan. Lempengan ini bisa mengalami cedera karena melakukan gerakan olahraga dengan lompatan tinggi dan mendarat dengan keras menggunakan kaki.


Otot Fleksor Pinggul Terlalu Tegang


Otot fleksor pinggul berfungs untuk menyambungkan otot kaki bagian atas dengan perut bagian depan tubuh. Apabila otot-otot fleksor terlalu tegang saat olahraga, menyebabkan otot panggul akan tertarik ke depan sehingga beban tubuh berpindah ke arah tersebut.


Sehingga bagian tubuh akan mendapatkan tekanan yang harus menahan beban. Inilah yang menyebabkan sakit punggung ketika Kamu selesai melakukan aktivitas olahraga.


Otot Perut Terlalu Lemah


Kekuatan otot perut sangat penting dalam olahraga. Pasalnya, otot-otot bagian ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan punggung dan anggota gerak tubuh. Apabila otot perut lemah, maka otot punggung harus menahan bobot tubuh dan meregang diluar kemampuan.


Cara Mencegah Sakit Pinggang Setelah Olahraga



Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit pinggang, Kini saatnya Kamu harus tahu cara untuk mengatisipasinya:


Lakukan Peregangan Sebelum Olahraga


Peregangan membantu ketegagan pada otot punggung bagian belakang. Lakukan peregangan dengan cara kedua tangan dibelakang, kemudian dongakkan kepala Anda ke atas. Setidaknya lakukan 8 - 10 kali setiap pagi.


Jangan Lakukan Aktivitas Berat


Tubuh perlu istirahat setelah melakukan olahraga. Selama proses istirahat, sebaiknya hindari aktivitas berat yang menyebabkan ketegangan otot, selain itu benda-benda berat yang memberikan tekanan pada punggung.


Gunakan Body Relaxant Spray


Ketika Kamu merasakan pegal-pegal setelah melakukan aktivitas diluar rumah atau aktivitas berat, Kamu bisa gunakan Shirudo Body Relaxant yang terbuat dari bahan 100% natural sehingga aman untuk digunakan dan terhirup sekalipun.



Shirudo Body Relaxant ini punya kandungan essential oil yang mampu memberikan manfaat serta aroma relaksasi yang menyegarkan. Tak hanya itu saja, Shirudo Body Relaxant mampu meredakan pegal-pegal atau otot kencang tanpa perlu melakukan pijat relaksasi dengan cara menyemprotkan body relaxant pada area tubuh.


Shirudo Body Relaxant ini mudah digunakan tanpa harus mengotori tangan. Dengan wadah yang kedap udara membuat kandungan yang ada didalamnya terbebas dari kontaminasi dalam bentuk apapun. Selain itu produk Shirudo Body Relaxant ini mengeluarkan kandungan didalamnya, dalam bentuk partikel-partikel kecil, sehingga mudah dan cepat menyerap kulit.


Biasakan Berdiri Dengan Postur Tubuh yang Benar


Berdiri dalam posisi lutut mengunci membuat otot tubuh menjadi meregang ke belakang, sehingga menimbulkan sakit pinggang. Untuk mencegah dampak buruk terjadi, maka perbaiki postur tubuh dengan cara menekuk lutut sehingga tubuh menjadi lebih rileks.


Jangan Paksa Dengan Gerakan yang Menimbulkan Sakit Pinggang


Gerakan olahraga seperti sit up dengan cara gerakan membungkuk dan menyentuh jari, serta mengangkat kaki sambil berbaring adalah jenis gerakan yang sebaiknya dihindari karena rentan sakit pinggang. Bila Kamu memaksakan otot-otot akan mengalami resiko kerusakan.


Itulah beberapa penyebab sakit pinggang dan cara mencegah sakit pinggang. Kamu bisa gunakan produk body relaxant yang bisa membantu meringankan sakit punggung, salah satunya adalah Shirudo Lab yang punya banyak manfaat menghilangkan pegal-pegal tanpa melakukan pijat relaksasi. Apabila Anda tertarik untuk membeli produk Shirudo Lab, Kamu bisa mengunjungi marketplace resmi Kami di Tokopedia dan Shopee.

0 views0 comments