top of page
Search

Gerakan Olahraga Yang Mudah Dilakukan Untuk Mengatasi Nyeri Lutut

Shirudolab.com - Apabila lutut Anda masih bisa melakukan gerakan olahraga, pastinya Anda ingin melakukan gerakan olahraga yang aman dari nyeri lutut . Anda tidak perlu khawatir gerakan-gerakan dibawah ini akan membantu Anda mengatasi nyeri lutut yang Anda alami.


Gerakan Sederhana Mengatasi Nyeri lutut



Meski sakit lutut jangan takut untuk melakukan gerakan olahraga. Gerakan olahraga bisa membantu otot Anda menjadi lebih kuat dan luntur. Inilah cara paling ampuh untuk menjaga kondisi kesehatan lutut dan mencegah cedera yang mungkin bisa terjadi.


Memperkuat otot sekitar tulang bisa membantu Anda mengurangi stres pada sendi lutut. Otot yang kuat didepan paha, dan belakang akan membantu sendi lutut mendapatkan tekanan lebih sedikit, sehingga nyeri lutut akan hilang dengan sendirinya.


Lalu gerakan olahrga apa yang aman dan cocok untuk lutut yang sedang mengalami cedera


Calf Raises



Apabila Anda ingin melakukan gerakan ini, sebaiknya lakukan didekat sofa atau kursi. Berdiri membelakangi kursi atau sofa sebagai pendukung serta untuk mengantisipasi apabila terjatuh. Lakukan secara perlahan angkat tumit setinggi mungkin, tahan gerakan selama 10-15 detik. Setelah itu turunkan tumit Anda ke lantai.


Apabila gerakan ini cukup mudah, coba lakukan setelah jinjit maksimal, angkat kaki yang jinjit tersebut. Biarkan satu kaki menahan beban Anda.


Wall Squat



Gerakan ini agak menantang dari gerakan sebelumnya. Lakukan dengan menempelkan punggung Anda ke tembok, buka kaki selebar bahu. Setelah itu, secara perlahan tekuk lutut, turunkan hingga 90 derajat. Jangan membungkuk ke depan, jatuhkan bagian bokong ke belakang, ke arah tembok bukan ke depan.


Apabila Anda merasakan tekanan yang tidak nyaman di bagian lutut, Anda tidak boleh memaksakan turun. Lakukan semaksimal yang Anda bisa atau ubah posisi Anda.


Lakukan latihan secara berulang dengan menahan 5-10 detik sekali menekuk lutut. Setelah itu berdiri tegak kembali.


Prone Straight Leg Raises



Apabila lutut Anda terasa nyeri, coba lakukan gerakan ini di tempat yang datar. Tidur tengkurap di atas matras. Kecangkan otot di hamstring, bokong, kemudian bersiap untuk angkat kaki. Tahan selama 3-5 detik selama kaki berada di tas.


Lakukan gerakan ini setidaknya 10-15 kali pengangkatan untuk setiap kakinya. Apabila Anda melakukan gerkan ini pada punggung yang nyeri, sebaiknya turunkan ketinggian kaki Anda.


Side Leg Raises



Melakukan gerakan dengan cara berbaring menghadap satu sisi. Apabila lutut Anda sedang nyeri, sebaiknya lakukan gerakan ini dengan cara kaki bagian bawah ditekuk ke belakang membuat Anda lebih stabil pada gerakan berikutnya.


Setelah itu, gerakan kaki bagian atas akan dinaikan kurang lebih 45 derajat. Tahan kaki pada posisi atas sampai 5 detik, kemudian turunkan dan rileks sebentar.


Lakukan gerakan ini setidaknya 10-15 kali. Kemudian ubah posisi sebalinya dan lakukan hal yang sama dengan jumlah gerkan yang sama.


Step Up



Gerakan ini mungkin terlihat mudah, hanya menaik turunkan kaki. Perlu Anda ketahui gerakan ini bisa membuat otot sekitar lutut menjadi lebih kuat dan fleksibel. Tempatkan satu kaki diatas bidang yang lebih tinggi. Apabila Anda tidak memiliki alat olahraga khusus, Anda bisa menggunakan bangku yang kokoh. lakukan dengan menggunakan bangku yang terpendek terlebih dahulu.


Ketika mengangkat kaki ke atas, pastikan panggul Anda tetap lurus, kemudian tekuk lutut Anda secara perlahan dan turunkan kaki secara perlahan.


Apabila gerakan ini mudah bagi Anda, gunakan kursi atau bidang yang lebih tinggi. Semakin tinggi bidangnya akan semakin berat kerja otot Anda. Lakukan gerakan ini setidaknya 10-15 kali.


Anda bisa menerapakan berbagai cara untuk menjaga kesehatan otot dengan menjadikan rutinitas harian. Ketika Anda merasakan pegal-pegal setelah melakukan olahraga, Anda bisa gunakan Shirudo Body Relaxant ini yang terbuat dari bahan 100% natural sehingga aman untuk digunakan dan terhirup sekalipun.



Shirudo Body Relaxant ini punya kandungan essential oil yang mampu memberikan manfaat serta aroma relaksasi yang menyegarkan. Tak hanya itu saja, Shirudo Body Relaxant mampu meredakan pegal-pegal atau otot kencang tanpa perlu melakukan pijat relaksasi dengan cara menyemprotkan body relaxant pada area tubuh.


Shirudo Body Relaxant ini mudah digunakan tanpa harus mengotori tangan. Dengan wadah yang kedap udara membuat kandungan yang ada didalamnya terbebas dari kontaminasi dalam bentuk apapun. Selain itu produk Shirudo Body Relaxant ini mengeluarkan kandungan didalamnya, dalam bentuk partikel-partikel kecil, sehingga mudah dan cepat menyerap kulit.


Banyak produk body relaxant yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Shirudo Lab, yang punya banyak manfaat menghilangkan pegal-pegal tanpa melakukan pijat relaksasi. Apabila Anda tertarik untuk membeli produk Shirudo Lab, Anda bisa mengunjungi marketplace resmi Kami di Tokopedia dan Shopee.

2 views0 comments
bottom of page