top of page
Search

Tips Perlindungan dan Kesehatan di Musim Pancaroba

Shirudolab.com - Musim hujan bisa jadi tantangan sendiri untuk kesehatan, selain itu menjaga kesehatan dapat menghindari penyebaran penyakit dan demam berdarah. Berikut tips untuk membantu Anda tetap sehat di musim pancaroba.


Bagaimana Musim Hujan Bisa Berpengaruh Terhadap Kesehatan


Tantangan kesehatan bisa dipengaruhi oleh cuaca, salah satunya musim hujan. Banyaknya genangan air, dapat memicu berkembang biak nyamuk dan penyebaran penyakit seperti demam berdarah.


Meski penyakit musim pancaroba bisa diobati dengan mudah, tetap saja gejala yang ditimbulkan mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas.


Siapapun pasti tidak ingin merasakan sakit. Nah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah meningkatkan sistem imun dalam tubuh.


Meningkatnya sistem imun membuat tubuh lebih responsif terhadap zat asing. Tak hanya itu saja, antibodi yang dihasilkan bisa melawan patogen dan tubuh pun akan jauh lebih kuat. Untuk mendukung sistem imun dalam tubuh, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.


Minum Air Putih Yang Cukup



Salah satu cara untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Tak hanya meredakan haus, tapi juga menjaga kelembapan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja secara efektif termasuk kekebalan tubuh. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan air sangatlah penting untuk mencegah penyakit.


Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan, usia, dan aktivitas yang dilakukan. Banyaknya air minum yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari adalah 1200 sampai 2000 ml atau delapan gelas sehari.


Tingkatkan Asupan Makanan Bergizi



Tak hanya menjaga organ tubuh tetap bekerja secara normal, banyak makanan yang dapat mencegah penyakit karena kandungan vitamin C, zat besi, dan protein yang mendukung sistem kekebalan tubuh.


Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan. Terlalu banyak konsumsi jenis makanan lemak tinggi dapat memicu terjadinya perdangan dalam tubuh.


Cukup Tidur



Jika air dan nutrisi dalam tubuh sudah tercukupi, sebaiknya sempurnakan dengan tidur yang cukup. Tidur adalah waktu yang pas bagi tubuh untuk melakukan istirahat.


Jika Anda kurang tidur dan sering bergadang, maka tubuh akan merasakan lelah. Tak hanya itu saja, sistem kekebalan tubuh akan melemah dan membuat Anda mudah jatuh sakit di musim pancaroba.


Sebaiknya atur jam tidur Anda, dan hindari aktivitas yang dapat mengganggu tidur, seperti bermain gadget atau makan tengah malam.


Olahraga



Cuaca yang tidak pasti membuat Anda malas untuk berolahraga. Namun kondisi ini tidak boleh dijadikan alasan untuk tidak berolahraga.


Olahraga adalah aktivitas yang menyehatkan tubuh. Tentu aktivitas ini sangat bermanfaat bila Anda ingin menjaga kesehatan di musim pancaroba.


Olahraga dapat merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini membantu memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan Anda lebih bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan yang mengatur respons tubuh terhadap infeksi.


Tidak perlu jenis olahraga yang berat, Anda bisa mencoba olahraga jogging, jalan santai, atau bersepeda.

2 views0 comments

Comentários


bottom of page