Search

Cara Mencuci Tangan Yang Benar Agar Terhindar Dari Virus dan Bakteri

Shirudolab.com - Penting untuk Kamu ketahui, cara mencuci tangan yang benar. Karena tangan jadi media yang bisa menularkan kuman dan penyakit. Selain itu, tangan yang terlihat bersih belum tentu terbebas dari kuman dan bakteri.


Kuman dan bakteri bisa saja menempel pada tangan Kamu setelah pergi ke toilet, berjabat tangan dengan orang lain, atau permukaan benda yang sering Kamu sentuh yang bisa jadi sumber kuman. Selain itu, kuman juga bisa menempel ditangan ketika Kamu sedang bersin tanpa menggunakan alas tisu.


Bagaimana cara Mencuci Tangan Yang Benar



Supaya terhindar dari penyakit menular, sebaikanya Kamu harus rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan, minum. Cuci tangan bisa dilakukan setelah buang air kecil dan buang air besar, atau setelah menyentuh binatang, membuang sampah, atau merawat luka.


Cara mencuci tangan perlu diperhatikan, supaya tangan Kamu bersih serta terhindar dari bakteri dan kuman, berikut ini adalah cara mencuci tangan yang benar :


  1. Basahi tangan menggunakan air yang mengalir, baik air hangat atau air dingin.

  2. Gunakan sabun cair, tuangkan sabun ke telapak tangan kemudian gosok hingga berbusa.

  3. Pastikan seluruh bagian tangan terkena sabun seperti pergelangan tangan, sela-sela jari, punggung tangan, dan kuku. Gosok tangan selama 30 detik.

  4. Kemudian bilas tangan menggunakan air bersih mengalir hingga busa sabun hilang.

  5. Keringkan kedua tangan menggunakan handuk bersih atau tisu.


Jika Kamu kesulitan mendapatkan air bersih dan sabun, Kamu bisa bersihkan tangan dengan hand sanitizer yang punya kadar alkohol 60 persen. Jika tangan Kamu kotor, sebaikanya cuci tangan menggunakan air bersih menggalir dan sabun.


Kesalahan Dalam Mencuci Tangan



Meski sederhana, masih ada orang yang mencuci tangan menggunakan cara yang salah. Berikut ini kesalahan yang sering dilakukan ketika mencuci tangan:


Tidak Menggunakan Sabun


Mencuci tangan tidak bisa membasmi kuman dan virus secara menyeluruh. Oleh karena itu Kamu perlu Hand Sanitizer, setelah mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun. Supaya lebih aman dan praktis, Kamu bisa gunakan sabun cair jika dibandingkan dengan sabun batangan yang mudah terkontaminasi kuman.


Bilas Sabun Dengan Air Mengalir


Jangan bilas tangan yang sudah diberi sabun, sebaiknya diamkan selama 30 detik dengan menggosok bagian punggung tangan, sela-sela jari, telapak tangan, dan bagian bawah kuku hingga bersih seluruhnya.


Keringkan Tangan Dengan Mesin Pengering


Supaya tangan bersih, sebaiknya keringkan tangan setelah dicuci menggunakan mesin pengering tangan. Sebuah studi menunjukan bahwa tangan akan lebih bersih jika dikeringkan menggunakan tisu kering dibanding menggunakan mesin pengering tangan.


Menyentuh Barang Lagi Setelah Mencuci Tangan


Sebagian orang mengabaikan hal ini setelah mencuci tangan, kemudian mematikan kran menggunakan tangan yang sudah bersih tanpa pelindung seperti tisu. Perlu Kamu ketahui bahwa cara ini membuat tangan terkontaminasi oleh kuman.


Shirudo Lab adalah produk disinfektan yang bisa digunakan untuk membersihkan alat makan, dan juga permukaan benda, selain itu produk Shirudo Lab aman digunakan untuk anak-anak. Bahkan produk ini memiliki fungsi sterilisasi untuk alat makanan, permukaan benda keras, mainan anak, serta udara dalam ruangan.


Shirudo Lab aman digunakan untuk memberikan perlindungan yang lebih serta terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa masuk melalui udara. Diproduksi menggunakan teknologi Jepang dengan komposisi bahan yang aman untuk bayi maupun anak-anak, Shirudo Lab memberikan kesegaran, kenyamanan dan tidak merasakan mual ketika berada dalam ruangan yang sudah disemprotkan disinfektan spray Shirudo Lab.


Shirudo Lab bisa digunakan di ruangan tertutup, ruangan ber-AC atau dalam kendaraan. Cara pakai disinfektan spray adalah dengan menyemprotkan ke udara beberapa detik kemudian diamkan terlebih dahulu. Maka aroma eucalyptus dari Shirudo Lab akan terasa ketika sudah menguap di udara.


Disinfektan Shirudo Lab cocok digunakan di rumah, tempat kerja, kendaraan, maupun tempat umum. Selain itu pemakaian produk disinfektan ini tidak terasa lengket di tangan yang bisa jadi nilai lebih untuk produk ini.


Banyak produk disinfektan spray yang beredar di pasaran, salah satunya adalah Shirudo Lab, yang punya banyak manfaat membunuh kuman secara cepat tanpa dibilas. Apabila Anda tertarik untuk membeli produk Shirudo Lab, Anda bisa mengunjungi marketplace resmi kami di Tokopedia dan Shopee

0 views0 comments